Logo

Tentang Kami

Keberhasilan lulusan perguruan tinggi (PT) dalam memasuki dunia kerja merupakan salah satu indikator outcomes pembelajaran dan relevansi PT bagi masyarakat. Dengan demikian, PT bertanggung jawab tidak hanya untuk melengkapi lulusan dengan   kompetensi   tertentu   (output   pembelajaran)   tetapi   juga   wajib memfasilitasi dan menjembatani lulusan memasuki dunia kerja. Keberadaan Pusat Karir di PT  mencerminkan  tanggung  jawab  dan  layanan  PT  bagi  lulusan  baru  pada khususnya, dan mahasiswa pada umumnya sebagai calon lulusan.

UNMUS memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Kguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Hukum (FH). Sumber daya manusia yang dimiliki Unmus adalah sebanyak 295 dosen dan 200 tenaga kependidikan. Jumlah mahasiswa aktif adalah sebesar 3.917 orang.

Dalam perjalannya Unmus mengalami dinamika yang kondusif yang terbukti dengan semakin meningkatnya kepercayaan yaitu ditandai dengan keragaman dan jumlah mahasiswa yang terus meningkat untuk menempuh pendidikan tinggi di UNMUS. Perkembangan pesat ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi yang sampai saat ini mahasiswa yang menempuh pendidikan di UNMUS berasal dari sebagian besar provinsi yang ada di Indonesia dengan keragaman suku, agama, ras, antar golongan, gender, status sosial dan ekonomi. Hal ini membuktikan bahwa UNMUS telah menerapkan prinsip ekuitas dengan memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk bisa menempuh pendidikan tinggi di UNMUS. Namun demikian, keragaman yang terjadi tidak mengubah orientasi UNMUS yang tetap konsisten sejak didirikannya yaitu pengembangan sumber daya di wilayah 3T secara berkelanjutan.

Secara khusus dalam misi perguruan tinggi yang ke empat secara jelas mengungkapkan tentang pentingnya menyiapkan SDM yang dapat mengisi peluang kerja dan menciptakan lapangan kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Merauke, Papua dan masyarakat pada umumnya. Sebagai amanat dan implementasi dalam pelaksanaan misi tersebut maka UNMUS merasa perlu untuk mengembangkan suatu lembaga atau wadah yang secara khusus memberikan perhatian pada pengembangan informasi mengenai dunia kerja, peluang kerja, pelatihan serta segala kondisi dan informasi bagi lulusan dalam menghadapi dunia kerja. Berdasarkan hal tersebut maka berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 045.1/UN52/KP/2012 dibentuklah MICBAC atau Musamus Information Carrer and Business Advisory Center. Dalam perkembangan selanjutnya berdasarkan Keputusan Rektor No. 075/UN52/Kp/2016 MICBAC ini kemudian berubah menjadi Pusat Pengembangan Karier dan Bisnis Universitas Musamus atau Musamus Career And Bussines Development yang disingkat MCBD.